27 July 2010

Muslimah Pejuang Kemiskinan dari Virginia

Bisma Y Sheikh, Muslimah muda, dinobatkan sebagai seorang bintang yang lagi bersinar dari kota Berryville di Clarke County, Virginia, dimana ia dikenal sebagai pejuang kemiskinan, sebagaimana dilansir surat kabar The Winchester Star Senin (1/5) kemarin.

"Gadis ini tampil dengan sangat percaya diri serta semangat dan keinginan yang tulus untuk membawa orang dalam kebersamaan," kata Karen Schultz pimpinan komite Star Leadership Awards pada Clarke County High School.

"Dia sangat memberi inspirasi."

Pelajar 18 tahun di Clarke County High School ini memenangkan The School's 2009 Star Leadership Award pada Ahad (31/5) kemarin.  Acara ini merupakan agenda tahunan di sekolah tersebut. Dan ia berhak mendapatkan hadiah sebesar $5000.

Schultz menegaskan bahwa semua nominator layak mendapat pujian. Namun komitmen Bisma terhadap perdamaian dan kepeduliannya terhadap beban orang lain merupakan suatu yang luar biasa.

Dia mendapat penghargaan untuk "sebuah kombinasi dari keunggulan karakter, kualitas kepemimpinan dan kesetiaan terhadap tugas."

Disamping memenangkan Leadership Award, Bisma juga memenangkan dua penghargaan lain yang masing-masing hadiahnya sebesar $1000.

Ia menjadi relawan di sekolah dasar, membantu siswa satu demi satu di taman kanak-kanak dan sekolah menengah pertama.

Setelah menyelesaikan gelar sarjananya dalam empat tahun, dia berharap bisa melanjutkan ke fakultas hukum.

Ia ingin bekerja di Timur Tengah dan di seluruh dunia berkaitan dengan isu perdamaian, resolusi konflik, persoalan HAM, dan hak-hak sipil.

Pejuang Kemiskinan

Sebagai Muslimah muda, ia dikenal oleh masyarakat lokal sebagai pejuang kemiskinan global.

"Meski saya lahir di AS, namun keluarga saya aslinya berasal dari Pakistan dan saya telah melihat kemiskinan di sana," katanya kepada surat kabar Winchester Star.

"Saya melihat orang kelaparan, orang-orang yang butuh pertolongan dan anak yatim di jalanan," lanjutnya.

Dia meyakini memerangi kemiskinan merupakan komponen terpenting dari Iman seorang Muslim.

"Saya melakukan hal tersebut karena saya menyukainya," tambahnya.

Bisma membantu menyalurkan lebih dari 50.000 paket makanan pada tahun ini bagi anak-anak miskin di Haiti melalui lembaga bantuan Stop Hunger Now.

Dia juga membantu mengumpulkan uang pada tahun 2004 untuk membantu anak-anak korban perang Afghanistan dan pada tahun 2005 ia membantu korban gempa di Pakistan.

"Setiap orangtua berdoa dan berharap bahwa anak-anak mereka nanti akan menjadi salah satu orang yang terpilih," kata ayahnya Yousaf berkaitan dengan penghargaan yang ia terima.


"Dan kami sangat bangga dengannya," imbuhnya.

No comments: